Keunikan Motif Batik Solo

Tetap bertahannya batik solo hingga saat ini, tidak terlepas dari upaya para pengrajin batik untuk berusaha mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, batik solo memang memiliki daya tarik tersendiri bagi seluruh masyarakat Indonesia.


Ada beberapa kota di Indonesia yang kesenian batiknya menonjol, diantaranya Solo, Yogyakarta, Madura dan pekalongan yang disebut juga kota batik. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang batik Solo.

Solo yang disebut juga sebagai Surakarta adalah ibukota kerajaan Kraton Surakarta. Hal ini turut mendukung kentalnya suasana seni dan budaya yang masih dipertahankan masyarakat kota Solo dengan bangga. Kita dapat melihatnya dengan masih adanya beberapa kebudayaan yang tetap dilakukan di kawasan kraton maupun masyarakat pada tanggal-tanggal tertentu.

Beberapa motif batik mengandung filsafat tentang hidup yang diharapkan oleh pengrajinnya akan membawa arti di kehidupan pemakainya. Contohnya seperti motif Sido Mukti, yaitu kain batik khusus untuk pengantin, dengan harapan bahwa kehidupan pasangan suami istri itu akan harmonis dan berbahagia.

Untuk Kraton Solo sendiri, kesenian batik sangat penting kedudukannya dalam penggunaan sehari-hari dan untuk melestarikan kesenian Kraton. Ada motif batik tertentu yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan dan tidak boleh dikenakan oleh rakyat biasa, misalnya motif parang rusak barong atau motif lereng. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa batik di kota Solo dapat juga menunjukkan status sosial pemakainya.

Di Solo, batik dikenal dengan 2 jenis kain batik yaitu batik dan lurik. Untuk batik yang berasal dari kota Solo maupun Yogjakarta biasanya banyak kalangan pencinta batik menyebutnya dengan batik kasultanan dengan ciri khas warna yang digunakan adalah warna biru, coklat dan putih.

Masing-masing warna memberikan arti filosofi tersendiri. Warna biru melambangkan Bumi warna coklat melambangkan api, sedangkan warna putih melambangkan angin dan air.

Ciri khas batik solo yang paling banyak biasanya menggunakan warna sogan. Yaitu kombinasi-kombinasi warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan. Dan terkenal dengan corak pola tradisionalnya baik batik cap mupun batik tulis. Tekenal dengan pola sidomukti dan sidoluruh.

Kekhasan batik Solo ini telah terkenal sampai ke mancanegara dan memiliki nilai jual yang tinggi dan bahkan menjadi salah satu sektor expor andalan dari para pengrajin batik Solo.

Untuk anda yang mencari dan sedang bertraveling ke Solo, tempat belanja batik yang terkenal adalah pasar klewer. Jika memang hendak berbelanja kepasar klewer sebaiknya berangkat pagi-pagi, karena bisanya jika hari sudah siang, suasana panas dan penuh sesak dengan pembeli dan tentu saja anda harus tetap fokus dalam memilih corak dan warna yang anda inginkan.

Tapi, bagi anda yang belum memiliki kesempatan berbelanja batik Solo, di kota solo, maka Anda bisa berbelanda batik solo dengan harga yang relatip terjangkau langsung di www.hanleebatik.com . Kami menyediakan berbagai motif dan desain batik Solo batik batik batik cap maupun batik tulis dengan kualitas bahan batik terbaik.

0 Response to "Keunikan Motif Batik Solo"

Post a Comment