Uniknya Corak Batik

Di berbagai tempat di Indonesia, memiliki corak batik yang berbeda-beda. Hampir setiap corak batik, memiliki filosofi dan keunikan tersendiri. Seperti di Bogor terdapat motif kota hujan, bunga bangkai, dan kujang kijang yang menggambarkan Bogor sebagai kota hujan. Dikatakan pula bahwa daerah Cirebon memiliki corak batik yang paling banyak.


Siapa yang tidak tahu batik? salah satu warisan leluhur Indonesia ini telah diakui oleh seluruh dunia. Batik yang dulu identik dengan kuno dan ketinggalan zaman, kini sudah berubah image. Adanya hari peringatan batik setiap tanggal 1 oktober dan diwajibkannya penggunaan batik pada hari jumat, membuat pengguna batik beragam dari berbagai usia dan kalangan.

Seni batik memang tak pernah luput dari pandangan kita, keindahan dan keragamannya membuat kita semakin mencintai salah satu warisan leluhur kita ini. Selain keindahan dan keragaman motifnya batik juga memiliki nilai seni yang tinggi juga kaya akan filosofi kehidupan. Corak batik atau gambar batik yang di tuangkan pada kain batik menggambarkan keteladan pada kehidupan, menceritakan tentang keindahan alam, juga selain figur binatang. Ada pula motif atau corak batik yang menggunakan figur tanaman seperti bunga dan pepohonan.

Corak Batik Flora

Flora sebagai sumber objek corak batik dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, dan tenunan. Simbol-simbol alam seperti pepohonan yang ada pada batik menggambarkan kesuburan dan kemakmuran. Simbol bunga dan daun yang berarti suatu keindahan, kecantikan dan kebahagiaan. Motif batik yang simpel seperti daun-daunan. Motif ini dapat berarti sebagai wahyu Tuhan YME untuk menggapai suatu cita-cita seperti kenaikan pangkat, penghargaan, kehidupan yang baik dan rizki yang berlimpah.

Corak Batik Fauna

Corak Batik fauna merupakan bentuk motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Figur-figur binatang yang ada pada batik memiliki makna yang dalam, misalnya corak batik burung yang menggambarkan suatu kebebasan, corak batik gajah yang memiliki arti kekuatan yang besar, dan lain sebagainya.

Beberapa hewan lain yang biasa dipakai sebagai corak batik adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Corak batik fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Corak batik fauna dapat dikombinasikan dengan motif flora dengan bentuk yang digayakan. Motif ragam hias tersebut dapat dijumpai pada hasil karya batik, ukiran, anyaman, dan tenun.

Adapun simbol lain yang digunakan pada corak batik yaitu simbol rumah yang berarti keteduhan dan perlindungan, selain itu ada juga simbol parang yang mengandung arti peperangan. Hal inilah yang membedakan batik nusantara dengan batik mancanegara yang hanya dinikmati dari visualnya semata. Sedangkan batik nusantara tidak hanya dinikmati dari segi visualnya saja tetapi dari segi spiritualnya yang banyak mengandung arti kehidupan.

Demikian uniknya corak batik yang perlu diketahui. Jika Anda membutuhkan batik dengan corak batik yang unik, silahkan kunjungi online shop kami pada link berikut : www.hanleebatik.com

0 Response to "Uniknya Corak Batik"

Post a Comment